interaktif web dengan jquery

jquery yang beralamatkan di http://jquery.com kurang lebih baru menginjak usia 3 tahun. akan tetapi, jquery sebenarnya bukan hal yang baru jika melihat "jeroan"nya, karena berisi fungsi-fungsi yang ditulis dengan javascrip, dan javascrip itu sendri telah di perkenalkan oleh netscafe sejak tahun 1995.

tetapi tentu query menawarkan fitur-fitur modern yang siap pakai, walaupun idenya sederhana, yaitu yaitu membuat sebuah library javascript, ternyata jquery mampu menarik perusahaan-perusahaan besar yang membandling jquery ke dalam produknya. nokia akan mengintegrasikan jquery kedalam platform web run-time, sedangkan microsoft mengadopsi jquery ke dalam visual studio.

Selain itu, google juga menyediakan host khusus untuk jquery agar dapat langsung d akses bebas, jquery juga mendapat dukungan dari berbagai pihak yang membuat berbagai plugin tambahan.

Menggunakan jquery sangat lah mudah, yang diperlukan adalah men-download file jquery pada http://jquery.com, versi terakhir sampai saat ini adalah verrsi 1.3.2 dengan nama file jquery-1.2.3.min.js yang juga disertakan pada dvd/cd/ pc media kali ini. Ukurannya juga cukup kecil untuk sebuah library yang powerful, hanya sekitar 56 kilobytes, dan hanya inilah yang di perlukan! File javascript ini memiliki fungsi-fungsi ajax, dom(document object model), event, serrta berbagai efek yang siap digunakan oleh web developer.

Untuk mempermudah pemakaian, anda dapat mengubah file jquery-1.3.2.min.js menjaddi jquery.js saja, dan menyisipkannya pada kode program (HTML/PHP/ASP dan seterusnya) sebagai berikut:

Beberapa contoh berikut akan mengenalkan anda pada jquery di dalam kode HTML/CSS yang sederhana, untuk kemudian dapat dengan mudah dikembangkan sesuai kebutuhan website yg anda ingin kan.

  1. mengontrol CSS

dengan jquery, anda dapat mengontrol CSS yang digunakan.

  1. read more elegan

pasti kita pernah mengunjungi website atau blog yang memiliki artikel. Karena pada umumnya, artikel terdiri dari beberapa paragraph, maka biasanya akan ditampilkan terlebihdahulu paragraph awal, dan tersedia tombol/link seperrti read more” atau “selengkapnya” danjika di klik akan mengarahkan anda padda artikel selengkapnya atau keseluruhan paragraph, komplit dengan proses refresh dan memanggil halaman lain.

  1. slide panel

dahulu, hanya ada sedikit alternative jika anda ingin membagi sebuah halaman website menjadi bebebrapa bagian yang terpisah, misalnya dengan menggunakan table atau frame, dan semuanya terkesan kaku. Dengan jquery, anda dapat membuat slide panel dengan mudah, dan tentunya tidak terkesan kaku karena panel dengan mudah, dan tentunya tidak terkesan kaku karena panel tersebut bergeser dengan animasi yang halus.

  1. ajax dengan query

salah satu kegunakan jquery adalah mendukung AJAX(asynchronous JavaScript and XML), di mana aplikasi web mengambil data dari server dan bekerja pada background sehingga tampilan halaman web tidak terganggu. Dalam hal ini, jqury umumnya lebih banyak digunakan oleh programerr disbandingkan desainer, karena AJAX mengakses server, yang berarti harus mengguunakan server side scripting/programming.

0 komentar:

Posting Komentar